Tuesday, March 18, 2008

sehat dengan donor darah


“DONOR DARAH ITU SEHAT”

Pada saat anda membaca uraian ini, mungkin sesorang pasien atau beberapa orang pasien sedang meregang nyawa dirumah sakit. Apakah dia akan tetap hidup ataukah mati, barangkali sangat tergantung pada ketersediaan golongan darah yang ada. Ada anak-anak yang sedang menderita Leukimia, orang-orang yang sedang menjalani proses operasi besar, jantung, korban-korban kebakaran, pasien-paien thalasemia, mereka semua sangat membutuhkan belas kasihan para dermawan yang mulia, yaitu seorang PENDONOR DARAH !
Dengan mendonorkan darah, anda dapat membantu membuat perbedaan antara hidup dan mati. Sebuah proses yang sederhana hanya butuh waktu beberapa menit. Dengan mendonorkan darah kita otomatis kita akan menambah keluarga pada diri kita. Dimanapun berada kita tidak tahu mungkin orang yang telah menggunakan darah kita ada disekitar kita. Barang siapa menolong penderitaan orang lain kita yakini Tuhan akan menolong kita juga. Amin.

BISAKAH SAYA MENJADI PENDONOR DARAH


Ya, anda bisa jadi pendonor darah jika anda :
1.Berusia antara 17 s.d 60 tahun
2.Memiliki berat badan paling sedikit 45 KG
3.Tidak sedang menderita penyakit apapun ( seperti : demam, radang tenggorokan ) atau dalam perawatan medis.


Hal-hal yang tidak diperkenankan donor adalah :
1. Tattoo, tindik telinga/bagian tubuh lainnya atau akupuntur.
2. Sedang hamil/menyusui
3. Operasi besar
4. Cacar air, demam
5. Dalam penggunaan atau pengaruh obat-obatan seperti antibiotik, obat-obatan/jamu tradisional, dan obat lainnya.


BERAPA LAMA PENGAMBILAN DARAH ?


Pada umumnya, pengambilan darah membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan keseluruhan proses berlangsung kurang lebih 45 menit, dari mulai mendaftar sampai istirahat. Waktu yang anda gunakan sangat menentukan hidup matinya mereka yang sedang membuthkan darah anda.


BAGAIMANA PROSES MENDONORKAN DARAH ?


PENDAFTARAN
Gunakan kartu pendaftaran ( Inform concern atau kuesioner ), isilah data diri anda secara lengkap juga lengakapi isian dibaliknya tentang catatan kesehatan pribadi anda.


PEMERIKSAAN KESEHATAN
Akan ada seorang dokter atau perawat atau petugas seleksi donor darah yang memberikan pertanyaan secara rinci. Anda akan diminta menandatangani lembar pertanyaan yang berisi tentang kesehatan anda. Berat badan, tekanan darah, haemoglobine, golongan darah dan denyut nadi akan diperiksa.


PENGAMBILAN DARAH
Akan ada petugas yang telah mendapatkan pelatihan khusus akan mengambil darah anda. Darah anda akan diambil kira – kira 250 ml sampe 350 ml. Semua jarum dan bahan yang dipakai adalah bersih, steril dan dibuang sesudah sekali pakai.


ISTIRAHAT DAN PEMULIHAN
Upaya pemulihan ringan akan diberikan sesudah anda mendonorkan darah, dengan menikmati menu donor ( tergantung kebijakan masing-masing PMI ). Anda sebaiknya beristirahat sekitar 10 – 15 menit sebelum meninggalkan tempat.


APA YANG AKAN TERJADI DENGAN DARAH YANG TELAH SAYA DONORKAN ?
Setiap unit darah yang didonorkan akan melalui serangkaian pemeriksaan yang sangat ketat yang dilakukan oleh petugas laboratorium yang terlatih untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi seperti HIV/AIDS, Hepatitis B, Hepatitis C dan, Syphilis.
Dalam kurun waktu 6 jam sesudah donor darah dilakukan, unit darah tersebut akan diproses menjadi beberapa produk darah yang berbeda-beda untuk digunakan keperluan medis yang sesuai. Yaitu meliputi :
Sel Darah Merah, ( whole blood / PRC) digunakan untuk menangani pasien yang kekurangan darah dan juga pasien yang sedang menjalani proses operasi bedah besar.
Trombosit, digunakan untuk menghentikan pendarahan pada pasien yang menderita kanker, demam berdarah, leukemia atau penyakit darah lainnya.
Cryopreciptate, sebuah gumpalan protein, digunakan untuk menangani pasien yang mengalami pendarahan.
Plasma / bagian cairan darah, digunakan untuk menangani pasien yang mengalami gangguan faktor pembekuan darah minor.


MITOS DAN FAKTA TENTANG DONOR DARAH
1. Saya takut kehabisan darah, saya bisa terkena anemia.
Rata – rata orang – orang dewasa memiliki 5 sampai 6 liter darah. Setiap melakukan donor darah hanya diambil kira-kira 250ml sampe 350 ml. Volume darah yang didonorkan akan pulih dalam 72 jam dengan kadar darah yang cukup.


2. Saya bisa terkena penyakit melalui donor darah.
Tak seorangpun yang akan terkena penyakit karena donor darah, semua jarum yang dipakai adalah bersih, steril, dan dibuang untuk kemudian dimusnahkan (dibakar) sesudah digunakan.


3. Saya takut menyumbangkan darah, pasti sakit sekali.
Semua orang merasa seperti itu waktu pertama kali melakukannya. Mungkin anda akan merasa digigit semut waktu jarum itu ditusukkan dan hanya memang hanya seperti itu. Hanya sederhana itu dan memang benar-benar tidak sakit.


4. Saya tidak cukup sehat untuk mendonorkan darah saya.
Seorang dokter akan melihat catatan medis anda dan memeriksa tanda yang vital. Termasuk tekanan darah untuk memastikan bahwa anda berada pada kondisi yang sehat untuk mendonorkan darah anda. Sesungguhnya, anda akan mendapatkankan “pemeriksaan kesehatan sederhana” jika anda mendonorkan darah anda.


5. Saya sudah pernah donor darah sekali. Apakah itu sudah cukup?
Setiap hari sekitar 75 – 80 unit darah ditransfusikan kepasien. Maka suplai darah yang teratur sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan darah dirumah sakit-rumah sakit. Hidup matinya pasien sasngat tergantung pada pendonor darah tersebut. Orang – orang seperti anda. Donor darah bisa dilakukan sebanyak 5 kali dalam setahun, yakni setiap 75 hari sekali.


6. Saya bisa jadi gemuk sesudah donor darah.
Mendonorkan darah tidak akan meningkatkan berat badan anda. Anda semua akan mendapati kepuasan sesudah membantu orang yang benar-benar membutuhkan.


7. Tidak adakah darah tiruan?
Tidak, darah tidak dapat dibuat atau diproduksi pabrik. Darah hanya berasal dari tubuh manusia. Sumbangan anda sangat berarti bagi anak-anak yang sakit, korban kecelakaan, atau pasien yang sedang menjalani operasi dan penyakit – penyakit yang lainnya.


8. Adakah biaya yang harus dibayar bila saya menerima transfusi dari rumah sakit?
Darah itu gratis! Pendonor darah mendonorkan darahnya dengan sukarela, tidak ada kepentingan apapun atas hal itu kecuali untuk meringankan penderitaan orang lain. Tidak ada pendonor darah yang dibayar atas donornya. Biaya pemrosesan darah dikenakan pada setiap unit darah atau komponen untuk kepentingan pemrosesan, pemeriksaan uji saring/penyakit, proses crossmathc atau pencocokkan darah donor dengan darah pasien serta untuk proses pemeliharaan dan penyimpanannya.


DIMANA SAYA BISA MENDONORKAN DARAH ?
1. UNIT TRANSFUSI DARAH PMI CABANG DISELURUH WILAYAH INDONESIA MAUPUN DI WILAYAH DUNIA.
2. DONOR DARAH KELILING / MOBILE UNIT ( MU )


AYO DONOR DARAH UNTUK MERINGANKAN PENDERITAAN SESAMA
By: nmrfirst@plasa.com

2 comments:

HILMI FATA said...

Assalamua'laikum. wr. wb
maaf pa aris baru bisa liat blognya, bagus pa.. jangan lupa kasih foto di profilenya.. biar tambah terkenal.. jangan lupa pa posting gambar/foto. kita tungu tulisan - tulisan berikutnya..

sehat dengan donor darah said...

wa'alaikum sallam, insyaAllah akan saya perbaiki . terimakasih sudah memberi saran dan masukan. wassalam.